by

Workflow: Pengertian dan Juga Manfaat Penerapannya

-Workflow-1,464 views

Dalam sebuah perusahaan pastinya memiliki alur pekerjaan. Setiap karyawan pastinya paham dan sudah hafal tentang apa yang harus dikerjakan. Oleh karena itu pekerjaan yang ada di dalam perusahaan bisa berjalan dengan baik dan juga lancar. Biasanya di dalam sebuah perusahaan juga dikenal dengan adanya workflow. Istilah tersebut bisanya memiliki pengertian bahwa sebuah proses atau pekerjaan yang dilakukan sistematis yang berkaitan dengan dokumen atau surat-surat yang dibuat.

Dokumen tersebut dibuat dan disusun sedemikian rupa dan kemudian dialirkan ke pihak-pihak yang lain agar dokumen tersebut bisa ditindaklanjuti hingga ke tangan pemimpin. Alur pekerjaan tersebut harus sesuai dengan prosedur yang ada di dalam sebuah perusahaan itu sendiri.

Arti Workflow Dalam Aplikasi Manajemen

Pengertian lain dari workflow adalah sebuah aplikasi atau software yang digunakan untuk menjalankan proses pekerjaan secara otomatais atau elektronik tanpa ada campur tangan manual. Sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

Kemudian istilah tersebut dalam manajemen juga bisa diartikan sebagai aplikasi manajemen dokumen elektronik yang dirancang untuk memudahkan proses penanganan sebuah dokumen. Penanganan sebuah dokumen pastinya memiliki sebuah proses yang memiliki istilah-istilah tersendiri. Mulai dari proses revisi atau perbaikan dokumen, masukan atau adanya kritik dan saran untuk merevisi dokumen, reject atau penolakan dokumen, dan juga cancel atau dokumen yang dibatalkan. Istilah tersebut harus dipahami oleh pihak-pihak yang menangani dokumen tersebut agar pekerjaan lebih lancar dan tidak terjadi masalah. Namun aplikasi workflow memang sudah dirancang untuk menangani proses-proses tersebut.

Manfaat Penggunaan Workflow Dalam Sebuah Manajemen

Seperti yang diketahui bahwa workflow memiliki arti penting dalam sebuah perusahaan. Istilah tersebut memang berkaitan dengan alur pekerjaan dan juga keruntutan sebuah pekerjaan. lalu apakah manfaat dari workflow itu sendiri? Berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Pendistribusian menjadi lebih mudah

Hal pertama yang menjadi manfaat dari alur pekerjaan yang sistematis adalah penyaluran dokumen atau pendistribusian sebuah dokumen dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Apabila pendistribusian lancar maka otorisasi bisa lebih cepat dan mudah. Hal ini membuat dokumen tidak perlu didistribusikan dengan cara manual.

2. Penanganan dokumen segera diketahui

Manfaat selanjutnya adalah penanganan dari sebuah dokumen bisa langsung diketahui. Hal ini dikarenakan adanya penanganan secara tepat dan juga terbuka serta tidak dilakukan secara manual.

3. Persetujuan bisa dilakukan dimanan saja dan kapan saja

Manfaat yang terakhir adalah persetujuan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak tergantung pada keadaan tempat dan juga waktu pengerjaan sebab menggunakan sebuah aplikasi.

Penjelasan diatas bisa anda jadikan sebagai referensi untuk mengetahui lebih jauh mengenai workflow mulai dari pengertian dan juga manfaatnya. Penerapan workflow memang sangat bermanfaat pada sebuah perusahaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed